Ngoding merupakan salah satu hal yang perlu di pelajari oleh blogger awam seperti saya, oleh karena itu kita tidak boleh ketinggalan zaman dengan menampilkan konten tetapi design website ala kadarnya saja. Tentu apabila pengunjung merasa tidak nyaman dengan website kita, bisa - bisa mereka tidak akan kembali lagi bahkan bisa tidak ada minat mengunjunginya karena mengganggu pemandangan mereka.

Oleh karena itu, saya ada beberapa referensi website belajar ngoding untuk kalian para blogger, di simak ya.

1. Codecademy

Website satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah mahir atau baru belajar coding. Saya sendiri cukup sering menggunakan website ini belajar bahasa pemrograman karena sangat interaktif dan menyenangkan.

Serupa halnya bermain game, belajar di Codecademy juga terdiri dari beberapa level. Misalnya belajar membuat website, di level pertama Anda diajarkan elemen-elemen yang digunakan dalam website. Level selanjutnya Anda mulai belajar coding dasar secara langsung. Anda akan diberikan instruksi-instruksi untuk memodifikasi kode yang telah disediakan. Apabila mendapat masalah atau kebingungan dalam menjalankan instruksi, tidak usah khawatir karena Codecademy telah menyediakan petunjuk yang akan menjelaskan maksud dari instruksi tersebut.

Di website ini, Anda bisa belajar banyak bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, HTML 5, dan bahasa lainnya. Sudah banyak kisah dari para anggota Codecademy yang telah berhasil belajar coding walaupun mereka tidak memilliki latar belakang IT.

2. Code Combat

Website kedua adalah Code Combat. Sedikit berbeda dengan Codecademy yang mengajarkan kode melalui instruksi-instruksi, Code Combat mengajarkan coding dengan bermain game. Cara ini tentu saja sangat menyenangkan bagi Anda yang gemar bermain game.

Ada dua bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih yaitu JavaScript dan Python. Kedua bahasa ini cukup mirip satu sama lain dan sangat bagus untuk pemula mengingat deklarasi sintaknya cukup mudah dipahami. Setelah memilih bahasa pemrograman langkah selanjutnya adalah memilih game yang ingin Anda mainkan. Tersedia dua jenis game yang bisa dimainkan untuk pemula Anda bisa memilih game Campaign.

Sesuai dengan konsepnya, Anda akan bermain game yang telah disediakan. Namun, di tengah perjalanan karakter utama yang sedang Anda mainkan akan mengalami masalah dan disinilah Anda belajar coding. Anda harus membantu karakter utama dengan cara memodifikasi kode yang telah disediakan. Misalnya pada level pertama yaitu Rescue Mission, karakter Anda akan terhambat karena salah jalur. Tugas yang diberikan yaitu menghapus salah satu kode yang membuat karakter salah jalur dan secara otomatis kode akan dijalankan. Dalam satu permainan akan terdiri dari beberapa level yang harus dilewati dan memiliki kesulitan yang berbeda-beda.

3. The Code Player

Sesuai namanya yang berarti pemutar kode dalam bahasa Indonesia, pada Code Player Anda bisa memutar presentasi yang menjelaskan bagaimana seseorang membangun sesuatu dari awal.

Setiap presentasi akan menampilkan kode dan hasil secara real time, sehingga Anda dapat mengetahui apa kode yang digunakan dan bagaimana hasilnya. Seperti player pada umumnya Anda bisa mem-pause dan mempercepat presentasi. Ada beragam presentasi yang bisa Anda lihat di website ini, misalnya membuat tabel harga menggunakan CSS3, membuat logo, hingga wireframming menggunakan HTML5 dan CSS3.

4. HTML5 ROCK

Sesuai namanya website ini khusus membahas tentang web developer khususnya tentang teknologi HTML5 yang dipakai saat ini. Pada website ini terdapat tutorial, slide, dan resource yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam mengembangkan web.

Tutorialnya yang ada di website ini cukup beragam seperti tutorial membuat animasi, membuat gambar berkualitas tinggi, dan lainnya. Di bagian slide terdapat referensi ke presentasi-presentasi dari developer seperti presentasi dari Eric Bidelman tentang Polymer yaitu teknologi web component yang dapat memudahkan developer. Sedangkan untuk bagian resource terdapat sumber-sumber seperti referensi HTML5, dokumentasi, dan tools-tools yang digunakan developer.
Postingan Lebih BaruPostingan Lama