Laron termasuk jenis serangga yang kita sering lihat ketika malam, bahkan apabila sehabis hujan biasanya akan terbit laron laron yang berterbangan untuk mendekati lampu-lampu di sekitar lingkungan rumah kita.

Biasanya serangga ini akan berlahiran pada sore dan malam hari. Kebiasaannya ialah mengerubuti lampu di dalam lokasi tinggal dan tempat-tempat yang terang. Hal ini dilaksanakan untuk menggali kehangatan.

Saat menginjak rumah, jumlahnya paling banyak, bahkan dapat mencapai ribuan. Hal ini menciptakan rumah menjadi kotor, sebab sayap-sayapnya yang bertaburan di lantai. Jadi salah satu teknik mengusir serangga ini ialah dengan mematikan lampu dan menempatkan sebaskom air di tengah ruangan.
Selain kenyataan tersebut, masih terdapat informasi beda seputar laron yang butuh diketahui, Berikut selengkapnya.

Baca Juga :

1. Ketika masih muda, serangga ini belum mempunyai sayap dan dinamakan dengan rayap. Ketika dewasa sayap bakal tumbuh dan menjadi laron yang hadir di mula musim hujan.

2. Laron merupakan fauna yang tidak dapat menyaksikan dan mendengar, namun dapat membangun sarang dengan konstruksi rumit.

3. Rayap menciptakan sarang koloni di bawah tanah. Ketika tiba musim hujan, situasi tanah menjadi lembab, hingga serangga dewasa akan datang dari sarang dan terbang mengerubuti lampu pijar guna menghangatkan diri.

4. Laron melulu hidup dalam satu malam. Jika tidak mengejar pasangannya malam itu, maka ia bakal mati ketika fajar tiba. Sedangkan, yang mengejar pasangan akan menggali sarang baru dan menyusun koloni baru.

5. Saat beterbangan tersebut, sebetulnya menjadi ajang menggali pasangan. Ketika telah mendapatkan pasangannya, mereka akan mencopot sayap dan berlangsung beriringan menggali lubang di bawah tanah guna kawin dan bertelur.

6. Setelah telur-telur menetas dan memiliki tidak sedikit anak, maka terbentuklah koloni baru. Sepasang laron dewasa itu akan menjadi raja dan ratu dari koloni yang baru terbentuk. Tugas ratu melulu bertelur sepanjang hidupnya.

7. Serangga ini adalahmakhluk sosial, dengan kata lain tidak hidup sendiri. Mereka hidup dalam suatu koloni dan membentuk kumpulan tugas, laksana halnya semut. Koloni itu mempunyai sistem kasta yang memisahkan tugas.

8. Ratu dalam suatu koloni bertugas guna bertelur, sementara yang berkepala besar menjadi prajurit dengan tugas mengawal sarang dan sang ratu. Yang memiliki ukuran kepala lebih kecil menjadi pekerja dan bertanggungjawab mengoleksi makanan ke dalam sarang.

9. Dalam sehari ratu rayap dapat bertelur sampai 30 ribu butir.

10. Tugas beda dari rayap pekerja ialah melayani keperluan ratu, laksana menyuapi ratu, mencuci telur-telur, dan merawat larva.

11. Laron sewaktu menjadi rayap makanannya yaitu kayu-kayu kering, tersebut sebabnya rayap menggerogoti perabotan yang terdapat di rumah sampai menjadi serbuk.

12. Di samping memakan kayu kering, rayap pun bertani jamur yang berwarna putih dan berongga serupa sponge yang dipelihara di dalam sarangnya. Rayap pekerja merawat dan memanen jamur-jamur itu untuk ditabung sebagai cadangan makanan.

13. Rayap menciptakan sarangnya dari lumpur dan berbentuk berupa gundukan tanah yang tinggi dan besar, bahkan dapat mencapai tinggi 7 meter. Ada tidak sedikit ruangan di dalam sarang tersebut. Sarang tersebut pun dilengkapi cerobong yang bermanfaat sebagai penyejuk udara.

14. Laron dapat diolah menjadi makanan ringan. Biasanya digoreng menjadi peyek. Rasanya lumayan gurih dan enak menjadi lauk.

15. Kandungan nutrisi dalam serangga ini lumayan tinggi, terdiri protein, lemak, dan asam amino esensial. Untuk yang sedang mengerjakan diet disarankan untuk mengonsumsi rayap dewasa ini, supaya nutrisi dalam tubuh tercukupi.

16. Serangga ini adalahmakanan kesenangan katak, cicak, tokek, dan burung. Kenari dan burung kicau lainnya diberi santap serangga ini, supaya kicauannya bagus. Di samping itu, nutrisi dalam serangga ini berfungsi untuk menyokong pertumbuhan ungas menjadi lebih sehat.

17. Cara mengenyahkan laron seringkali menggunakan obat penyemprot serangga. Untuk teknik tradisional seringkali menggunakan baskom mengandung air. Pantulan cahaya pada air unik perhatian serangga ini untuk mengunjungi dan masuk ke dalam perangkap air.

18. Cabai juga dapat menjadi pengusir laron yang ampuh. Caranya dengan membelah cabai dan menggantungkannya di sekitar lampu. Aroma pedas cabai bakal mengganggu penciuman serangga ini dan mengusirnya pergi.

Gimana Serbaada ? Berikut adalah beberapa fakta dari rahasia laron yang pasti kalian belum pernah dengar bukan ? Simak fakta lainnya ya guys di Serbaada!   
Postingan Lebih BaruPostingan Lama