Banyak hal yang bisa kita pelajari dari daya bertahan hidupnya kijang adapun itu kijang juga merupakan hewan yang tangguh yang bisa mandiri, hidup sendiri, bahkan melindungi diri sendiri dan jagonya menghindar dari kejaran mangsa. Nah dari pada itu semua kalian tau ga sih ada fakta menarik lainnya ? Hemm.. kita simak aja yuk sama sama artikel berikut ini.

1. Menjunjung Tinggi Privasi

Hewan kijang ini mungkin kalian menyangka bahwa dia adalah hewan yang suka berkumpul dan bersosialisasi dengan kijang lainnya di setiap aktivitas. Namun, hewan kijang ini ternyata sangat berlawanan bahwa kijang ini adalah hewan yang sangat menjunjung tinggi privasi dimana dalam beragam aktivitas mereka hampir selalu menyendiri. Apalagi jika di tempat bersalju.

2. Butuh Air Dari Sungai

Biarpun cenderung hidupnya di lingkungan darat, tetapi hewan kijang juga membutuhkan air sob, sama seperti kita yang membutuhkan air juga. kijang biasanya minum air dari aliran sungai , apalagi jika hewan tersebut hidup di hutan. Kalau kebutuhan air kijang ini tidak dipenuh maka mereka akan sangat kehausan yang akhirnya membuat mereka tidak memiliki tenaga, sama halnya sepertinya kita ini sobat Ahlipedia.

Baca Juga : Inilah 14 Fakta Menarik Tentang Cicak

3. Hewan yang Paling Diburu Sejak Zaman Purba

Kita tahu pastii bahwa hewan kijang ini merupakan hewan yang sering diburu sejak zaman purba, yang dimana sekarang hewan ini diburu hanya untuk mengambil kulitnya yang dapat dijadikan untuk bahan dasar fashion item. Karena orang pun akan terlihat lebih pede dan keren jika menggunakan fashion dari kijang ini, namun hewan kijang ini adalah dari dulu hewan yang selalu diburuh untuk dimakan dagingnya, entah hewan karnivora ataupun manusia itu sendiri.

4. Semakin Berumur maka Semakin Perkasa

Jika kita lihat manusia pun dari kecil perkembangannya ke dewasa itu pola pikirnya akan berubah menjadi dewasa seiring perkembangan waktu dan linkungan, hanya saja kijang tidak seperti itu. Jika manusia pola pikirnya yang berubah dan pertumbuhannya juga maka kijang semakin Tua dia akan semakin perkasa sobat Ahlipedia, hal ini ditemukan fakta dari semakin berumur maka dia akan memiliki tanduk yang begitu kuat untuk melindungi dirinya.

5. Tahan di Dua Iklim Dahsyat


Fisik hewan kijang itu luar biasaa tidak diragukan kembali, hemm .. hal tersebut dikarenakan fisiknya yang kuat di iklim panas maupun dingin, kaya demam aja ya panas dingin hehe. Tentunya sering kita jumpai kijang ini bisa berada di musim dingin jika kalian sering menonton film yang berlatar salju, biasanya dihutan sering dijumpai sang kijang ini. Tapi siapa sangka kijang ini tahan juga di iklim panas dan gersang contohnya di indonesia ini sob!

6. Sangat Gesit!

Sudah tidak dipungkiri lagi ini mah, kalau kijang itu gesit sekali. Sering juga pasti sobat menonton film yang didalamnya itu ada orang mengejar / pun memburu kijang bahkan, kijang yang jago dan gesit akan terlepas dari kejaran sang pemburu karena dia sangat lincah dan gesit. Tapi selain itu kijang pun juga memiliki kaki yang tahan lama dan kuat loh, maka dari itu dia kuat berlari dan menendang secara terus menerus sobat Ahlipedia.

7. Tidur yang Tidak Lama

Sebagai makhluk hidup biasanya kijang itu membutuhkan tidur , hal ini wajar karena kita pun juga bisa lelah dan butuh tidur yang sebentar hingga lama kadang. Ternyata demikian bahwa jam biologis kijang untuk tidur itu berbeda bahwa 3 jam itu waktu normal tidurnya si kijang. Tentu menarik bukan, tidur normal hanya 3 jam tapi dia bisa lari secepat the flash, oke mungkin ini agak lebay haha. Tetapi ini mengartikan bahwa hewan kijang memiliki fisik yang lebih luar biasa daripada yang kita pikirkan selama ini.

8. Tanduk yang Panjang

Tanduk kijang umumnya memiliki bentuk yang unik yakni seperti cabang pohon yang ada di kupingnya, hanya saja pada umumnya kijang ini memiliki tanduk yang panjang. Hal ini sifatnya relatif tergantung jenis usia, kelamin, maupun daerah kuasanya dia. Karena terkadang ada yang tidak memiliki tanduk yang panjang, dan ada juga yang memiliki yang panjang sob.

9. Kijang itu Bagian dari Rusa

Ada pendapat mengenai kijang itu sama dengan rusa, tapi juga ada yang sebaliknya rusa itu berbeda dari kijang. Hal tersebut dikarenakan habitat mereka yang sama ditambah jenis varian dari rusa dan turunannya sendiri. Hal tersebut menimbulkan banyaknya kontroversi mengenai kijang ini sama dengan rusa atau engga sih ?. Naah menurut sobat Ahlipedia sendiri kijang ini bagian dari rusa bukan ? hehe.

10. Identik dengan Rapuh

Banyak salah satu kita yang ingin* mengingat tentang kulit kijang yang eksotis bila mendengar hal-hal mengenai fauna kijang. Padahal, di balik kulitnya yang eksotis tersebut, tersimpan rahasia berupa kelembutan. Bukan kelembutan hati, sebab saya sendiri belum pernah melihat fauna kijang menampakkan emosi laksana hewan-hewan lainnya (sapi, misalnya). Alih-alih, fauna kijang ialah hewan yang lembut dan rapuh guna disentuh. Karena itu, untuk para pengunjung yang mengunjungi fauna kijang dan bermaksud memegang, usahakan lakukanlah dengan lembut.   

Nah, diatas itu adalah 10 Fakta Unik tentang kijang yang mungkin belum ada yang kalian ketahui sob. Dan hal tersebut memang unik sih, karena kita jarang ada yang tahu.
Postingan Lebih BaruPostingan Lama