Sejak awal bulan Januari lalu, saya sering temukan di forum social media maupun sebuah grup diskusi yakni banyak blogger / publisher yang "katanya" merasa bahwa BPK Adsense di bulan januari ini sedang turun dan tidak meningkat, bahkan ada yang hanya mendapatkan ratusan perak saja padahal impresi tayang mereka sudah sangat tinggi.

Banyak yang berargumen bahwa januari adalah bulan yang mengenaskan, ada juga sebagian yang meyakini bahwa memang konten mereka yang kurang rich.

Nah disini saya akan memberi jawaban kepada kalian mengapa di bulan januari ini BPK Adsense sedang turun - turunnya ( drastis ) hingga saat ini.

Faktanya BPK di Bulan Januari

Jika kalian yang membaca artikel ini adalah blogger bertahun - tahun lalu tentu kalian sudah tahu jika hal penurunan BPK seperti ini adalah rutinitas terjadi di setiap tahunnya.

Jadi bagi kalian publisher awal di dunia blogger jangan kaget, karena ini adalah hal wajar jika BPK Adsense turun semenjak awal januari kemarin , hal tersebut juga dialami tiap publisher lain kok. Penyebabnya ?

Bulan Januari adalah Bulan Bokek ( Tidak Punya Uang )

Selepas kita telah berganti tahun, tentu banyak perusahaan komersial yang gempar - gempur menghabiskan dana promosi untuk mengiklankan produknya disana dan kesini, hal tersebut tentunya lazim.

Sama halnya seperti kalian yang sering membeli kembang api / petasan di awal tahun baru hanya untuk meramaikan suasana saja, mereka juga mengeluarkan uang mereka untuk membuat promo menarik di awal tahun agar banyak terjaringnya pembeli dari dagangan mereka tersebut.

Nah berdasarkan alasan diatas tadi, maka para pengiklan Google Adwords ( iklan yang muncul di Adsense ) akan melakukan hal - hal berikut :

1. Penurunan Budget Harian Iklan

Jika kalian termasuk salah satu seorang yang memanfaatkan jasa Google Adwords ini pasti kalian tahu ada fitur dimana kita dapat menentukan budget harian.

Misal di bulan - bulan awal tahun mereka akan menentukan budget rendah, tetapi disaat bulan bulan akhir mereka akan menetapkan budget harian yang tinggi.

Tentu hal - hal diatas termasuk kedalam strategi marketing bung!

2. Harga Lelang Iklan diturunkan

Selain budget harian iklan yang tampil dikurangi, sang advertiser pun juga dapat menentukan maksimal BPK bid / harga lelang iklan.

Maksimal BPK bid ini maksudnya harga maksimal yang mereka sedia untuk membayar publisher di setiap klik iklan yang mereka pasang.

Seperti di bulan tertentu mereka menaruh BPK 20 hingga 50 Ribu per klik, dan di bulan tertentu mereka menaruh rentang 1 hingga 10 Ribu per klik.

Penurunan BPK di bulan januari ini memang lah sangat wajar menurut saya.

3. Tidak Melakukan Pengiklanan Sementara / Menonaktifkan

Jika langkah 1 dengan 2 diatas mereka tidak melakukannya, mungkin juga ada beberapa advertiser yang lebih memilih tidak memasang produk iklan mereka.

Jika hal tersebut terjadi, tentu advertiser dari Google Adwords sendiri semakin berkurang dan bahkan publisher yang jadi kena imbasnya karena BPK menurun drastis atau kurang optimal dibanding sebelumnya.

Kesimpulan

Disini saya akan memberikan sebuah kesimpulan, bahwa tidak usah kaget ketika BPK kalian turun drastis secara berjamaah, karena hal tersebut berarti wajar karena Google Adwords mungkin sedang kekurangan Advertiser maupun harga yang diajukan Advertiser memang kurang.

Nah moga - moga saja setelah kemarin berlalu, di bulan Februari hingga Maret ini BPK kalian meningkat drastis ya ! Jangan lupa komen dan share artikel ini.
Postingan Lebih BaruPostingan Lama